Monday, March 5, 2007

Telat

T= M(D+P+..).....
ket:
T= Waktu Ketelatan
D= Dosen
M=Mahasiswa
P=Posisi pintu di ruang kelas
rumus diatas menjelaskan tentang ketelatan, rumus ini merupakan hasil pemikiran saya sendiri, belum dibuktikan secara empiris tapi sudah melalui hasil observasi..jadi klo dalam penelitian ilmiah, rumus ini baru sampai pada tahap hipotesis..
variabel T menjelaskan waktu ketelatan, satuannya menit, kenapa dipilih satuan menit soalnya ini satuan yang paling okeee(ga menjawab y.)..
variabel M adalah pribadi mahasiswa sendiri, ada yang emang hobi telat, ada yang tepat waktu, ada yang tergantung dosennya, variabel ini berkisar dari 0 sampai tak terhingga
variabel D adalah karakteristik dosen, ada dosen yang baik banget jadi setelat apapun mahasiswanya dibiarkan saja..atau dosen yang emang datengnya suka ngaret, jadi mahasiswanya ikutan ngaret, adalagi jenis dosen killer, jadi si mahasiswa ga akan berani telat..ada dosen yang standar2 aj, biasanya dosen 15 menit(maksimal telat 15 menit), .
variabel P adalah posisi pintu kelas, jika pintu kelas ada di depan, biasanya mahasiswa jadi lebih males telat, dibanding klo pintunya di belakang..soalnya klo di belakang pas masuk kelas ga akan menarik perhatian..
setelah itu ada juga variabel-variabel lainnnya seperti kondisi cuaca, demonstrasi, kemacetan lalu lintas dan lain sebagainya..
untuk mahasiswa wanita mungkin variabelnya akan jauh lebih banyak dibanding pria, variabel-variabel tersebut termasuk didalamnya waktu untuk milih baju, ngerapiin rambut, dll
sekian penjelasannya, ditunggu masukan untuk melengkapi rumus ini dan cara pengetesannya supaya bisa lebih jelas mana yang konstanta dan mana yang variabel dependen..

No comments: